Cinta Tidak Bisa Dipaksakan



"Cinta tidak bisa dipaksakan!

Ya, cinta memang tidak bisa dipaksakan. Ketika kita sedang jatuh cinta kepada seseorang. Karena keshalihannya, keistiqamahannya, ketawaduannya, dll, namun ternyata yang bersangkutan tidak merespon uluran cinta kita alias tidak bersedia menjadi suami atau istri kita. Maka rasa cinta kepadanya tetap tidak diharamkan.

Hanya saja ketika telah mendapatkan gantinya atau si dia telah menemukan kekasih hatinya. Kita pun harus rela melupakan serta membuang jauh rasa cinta kita kepada seseorang yang tidak akan pernah menjadi milik kita. Karena hal itu hanya akan membuat batin tersiksa.

So, cinta itu boleh. Namun tidak lantas bahwa yang kita cintai harus menjadi suami atau istri kita dengan berbagai cara. Istilahnya cinta ditolak dukun bertindak. Walaupun mungkin kita telah mengenal cukup lama. Kesehariannya, keturunannya, latar belakang keluarganya. Bahkan mungkin pilihan keluarga masing-masing sudah memberikan lampu hijau tanda berjalan. Tapi kalau dirinya tidak bersedia?. Maka kita pun harus lapang dada dan besar hati.

Ya, memang benar bahwa cinta tidak dapat dipaksakan."

dikutip dari: halaman ke-38 buku "Don't Cry" Ketika mencintai, tak bisa menikahi - Fadlan Al-Ikhwani

Komentar