Sekolah-Pendidikan (here and there)


Hai blogger. Keep to read yaaa :)
Kali ini aku mau share tentang little something yang ada disekitar kita. yang berhubungan dengan “sekolah”
Sekolah. Untuk apa sih sekolah itu? Untuk apa? Bukankah ilmu tidak selalu didapat dari sekolah?
Langsung pada jawabannya saja, yah itu semua benar.  Belajar tidak harus dengan buku, tidak harus berangkat ke sekolah, dll. Tapi, peran sekolah disini adalah
 tempat bermain sebagai papan ke dua untuk kita dapat mengembangkan wawasan dan pembentukan karakter setelah pendidikan primer (re: di rumah dengan keluarga). Iya aku tau kok ini menyinggung soal pelajaran sosiologi. Dan untuk keterangan lebih lanjutnya, silahkan teman-teman bisa buka dan pelajari buku sosiologi tentang apa itu sekolah dan mengapa kita butuh sekolah.
Nah, yang mau aku ekspos sekarang bukan hanya pengertian sekolah. Tapi bagaimana program “sekolah” dan “pendidikan” berjalan di negeri kita yang tercinta ini , negeri Indonesia. Langsung aja, aku mau memaparkan sedikit pendapatku mengenai bagian baik dari perkembangan ataupun perjalanan pendidikan di Indonesia. Sekolah begitu banyak memberikan keuntungan bagi kita. Terutama dalam menimba ilmu. Tidak sedikit melalui pendidikan ini, bangsa Indonesia menumbuhkan begitu banyak bibit-bibit berkompeten yang siap untuk bersaing di masa depan dan mampu mengharumkan nama bangsa Indonesia. Begitu berlimpah bila ditilik, berapa banyak kontestan olimpiade dan kejuaraan-kejuaraan lain di bidang akademik yang mampu diproduksi oleh Indonesia. Indonesia telah mampu melahirkan bibit-bibit unggul. Namun sayang, jumlah anak-anak ini pun tak ditingkatkan kembali. Dan bila kita pergi melihat bagaimana perjalanan “sekolah” dan “pendidikan” di wilayah pedalaman, kita akan berterimakasih atas apa yang Allah telah berikan untuk kita sekarang ini. Terutama untuk teman-temanku yang sudah dapat meluangkan waktunya untuk membaca posting ini….  Semoga kalian lebih mengerti akan makna “ilmu” dan “pengorbanan” didalamnya.
Berikut ini adalah beberapa gambar yang bisa mewakilkan sebuah kata ”sekolah” “pendidikan” bagi mereka…
Image
gambar diatas diambil di salah satu wilayah pedalaman.
Mungkin di beberapa wilayah pedalaman, bangunan sekolah sudah menjadi elit. Namun, masih begitu banyak bangunan sekolah yang kurang mendapatkan perhatian. Sekalimun yang berwenang mengetahui bahwa pendidikan ini sangat dibutuhkan oleh anak-anak di pedalaman.
Walaupun dengan keadaan yang begitu sangat sangat tidak nyaman dan tidak layak...
Image
 Namun, mereka tetap dan selalu...... selalu bersemangat. mengisi hari-hari mereka dengan ber"sekolah"
Image
Mereka berusaha untuk memberikan raga dan akal mereka untuk dikuasai oleh ilmu.
Mereka tetap Gigih. Tak kenal arti lelah. Dan arti sebuah “pengorbanan” telah melekat dalam hati mereka.
Image
Walaupun rintangan selalu ada dan maut terpampang di depan mata.....
Image
Mereka terus berusaha mendapatkan apa yang mereka cari mengenai “ilmu” ataupun “pendidikan” di sekolah. Bersaing dnegan akal-akal yang lain, untuk dapat meraih cita-citanya. Mendapatkan apa yang mereka impikan.
Teman, sudah saatnya dari sekarang kita bergerak dalam prestasi. prestasi di bidang apapun. berusaha menjadi anak bangsa yang akan selalu mengokohkan pendidikan bangsanya sendiri. dan gambar-gambar diatas untuk sekedar mengingatkan aja. Kita sudah diberikan jalan hidup yang begitu lebih mudah, dan jangan sampai fasilitas itu justru melumpuhkan usaha keras, tekad, mimpi, asa, dan semua cita-cita yang ingin kita raih. jadikan bangsa ini bangsa yang memiliki masa depan yang cerah. masa depan gemilang. masa depan yang memberikan sebuah arti. arti untuk segala hati. semoga kita bisa memperbaiki bangsa ini dengan membantu memberikan kualitas pendidikan yang lebih baik. tidak susah untuk memulainya, mari kita mulai dengan belajar bersungguh-sungguh dan berjanji akan menjadi masa depan yang cemerlang untuk bangsa kita :)

kobarkan kembali semangat merah putih untuk pendidikan anak Ibu Pertiwi !
Image

Komentar